Sabtu, 20 Februari 2016

Unknown

Anyaman Polos

Anyaman polos adalah anyaman yang paling sederhana, paling tua dan paling banyak dipakai .Mempunyai raport yang paling kecil dari semua jenis anyaman. Bekerjanya atau kombinasi pakan dan benang lusi paling sederhana, yaitu : 1-naik dan 1-turun. Ulangan raport: kearah horizontal (lebar kain) atau kearah pakan, diulangi sesudah 2 helai pakan, sedangkan kearah vertikal (panjang kain) atau kearah lusi diulangi sesudah 2 helai lusi.Jumlah silangan paling banyak diantara jenis anyaman yang lain

Jika faktor–faktor yang lain sama, maka anyaman polos mengakibatkan kain menjadi: paling kuat diantara anyaman yang lain dan letak benang lebih teguh atau tak mudah berubah tempat. Anyaman polos paling sering dikombinasikan dengan faktor – faktor konstruksi kain yang lain dari pada jenis anyaman lainnya.
Tetal lusi dan tetal pakan pada anyaman polos mempunyai perpencaran (range) yang lebih besar daripada dalam anyaman yang lain ( 10 hl/"-200 hl/" ). Demikianpun perpencaran berat kain adalah lebih besar daripada dalam anyaman lain (0,25 oz/yds2 --- 52 oz/yds2). Anyaman polos lebih sesuai / mampu untuk diberi rupa (appereance) yang lain dengan jalan mengadakan ubahan – ubahan desain, baik struktural desain maupun surface desain dibandingkan dengan anyaman lainnya.

Pada umumnya kain dengan anyaman polos penutupan kainnya (fabric cover) berkisar pada 25% - 75% Anyaman polos dapat dipakai untuk kain yang jarang dan tipis (open construction or sheer texture) dengan hasil yang memuaskan daripada menggunakan anyaman yang lain. Banyak gun yang digunakan minimum 2 gun, tetapi untuk tetal lusi yang tinggi digunakan 4 gun atau lebih. Anyaman polos banyak dipakai untuk kain dengan konstruksi medium dengan fabric cover  51% - 75%. Penutupan lusi dan pakan berkisar  31% - 50%. Jenis kain ini misalnya: kain yang diprint (print cloth) sheetings dll. Anyaman polos untuk kain padat ( close construction ) , biasanya menggunakan benang pakan yang lebih besar daripada benang lusi.

Unknown

About Unknown -

merupakan seorang fabric technologist yang ada di indonesia

Subscribe to this Blog via Email :