Pengertian Six Sigma
Six Sigma adalah bertujuan yang hampir
sempurna dalam memenuhi persyaratan pelanggan (Pande dan Cavanagh, 2003:
9). Menurut Gaspersz (2005:310) six sigma adalah suatu visi
peningkatan kualitas menuju target 3,4 kegagalan per sejuta kesempatan
untuk setiap transaksi produk barang dan jasa. Jadi Six Sigmamerupakan
suatu metode atau teknik pengendalian dan peningkatan kualitas
dramatik yang merupakan terobosan baru dalam bidang manajemen
kualitas.
Konsep Six Sigma
Pada dasarnya pelanggan akan merasa puas
apabila mereka menerima nilai yang diharapkan mereka. Apabila produk
diproses pada tingkat kualitas Six Sigma, maka perusahaan boleh
mengharapkan 3,4 kegagalan per sejuta kesempatan atau mengharapkan bahwa
99,99966 persen dari apa yang diharapkan pelanggan akan ada dalam produk
itu. Menurut Gaspersz (2005:310) terdapat enam aspek kunci yang
perlu diperhatikan dalam aplikasi konsep Six Sigma, yaitu :
1. Identifikasi pelanggan
2. Identifikasi produk
3. Identifikasi kebutuhan dalam
memproduksi produk untuk pelanggan
4. Definisi proses
5. Menghindari kesalahan dalam proses
dan menghilangkan semua pemborosan yang ada
6. Tingkatkan proses secara terus
menerus menuju target Six Sigma
Menurut Gaspersz (2005:310) apabila konsep
Six Sigma akan ditetapkan dalam bidang manufakturing, terdapat enam aspek
yang
perlu diperhatikan yaitu:
1. Identifikasi karakteristik produk
yang memuaskan pelanggan (sesuai kebutuhan dan ekspetasi
pelanggan).
2. Mengklasifikasikan semua
karakteristik kualitas itu sebagai CTQ (Critical-To-Quality)
individual.
3. Menentukan apakah setiap CTQ
tersebut dapat dikendalikan melalui pengendalian material, mesin proses
kerja dan lain-lain.
4. Menentukan batas maksimum
toleransi untuk setiap CTQ sesuai yang diinginkan pelanggn (menentukan
nilai UCL dan LCL dari setiap CTQ)
5. Menentukan maksimum variasi
proses untuk setiap CTQ (menentukan nilai maksimum standar deviasi untuk
setiap CTQ ).
6. Mengubah desain produk dan / atau
proses sedemikian rupa agar mampu mencapai nilai target Six Sigma